Wednesday, December 8, 2010

Liga Sepakbola Terkecil di Dunia

Percayakah anda jika ternyata di dunia ini ada sebuah liga sepakbola yang hanya beranggotakan 2 klub? Dengan dua klub saja, mereka bisa menyelenggarakan sebuah kompetisi liga dan dua turnamen piala domestik!

Keunikan ini terjadi di Liga Sepakbola Kepulauan Scilly yang berada di wilayah Britania Raya, satu rumpun denggan Inggris, Irlandia, Skotlandia, dan Wales. Maka sudah layak kiranya jika liga ini masuk Guinness World Records sebagai liga terkecil di dunia.

Liga Sepakbola Kep. Scilly
Berdiri: 1920
Jumlah Divisi: 1
Jumlah Klub: 2 (Garrison Gunners dan Woolpack Wanderers)
Piala Domestik: 2 (Wholesalers Cup dan Foredeck Cup)

Pada awalnya, liga sepakbola di Kep. Scilly diikuti oleh perwakilan klub dari lima pulau kecil: St.Mary's, Tresco, St. Martins, Bryher, dan St. Agnes. Namun menjelang tahun 1950an, tinggal 2 kontestan liga yang tersisa, yakni Rangers dan Rovers. Rangers akhirnya berubah nama menjadi Garrison Gunners, sedangkan Rovers menjadi Woolpack Wanderers.

Kepulauan Scilly

Kepulaan Scily sendiri terletak di Samudra Atlantik, sekitar 45 km dari garis lepas pantai Inggris. Kepulauan ini tersusun dari hampir 150 pulau kecil, dimana hanya 56 diantaranya yang berpenghuni. Total populasi di wilayah ini tidak sampai 3000 jiwa.

Jalannya Kompetisi

Dengan hanya beranggotakan 2 tim, jalannya kompetisi mungkin saja terasa membosankan. Kedua klub saling bertanding sebanyak 13 kali dalam semusim di lapangan sepakbola Garrison setiap hari Minggu. Periode kompetisi digelar pada pertengahan November hingga akhir Maret.

Jelas saja liga yang ada di sini hanya menjadi hiburan semata. Bagaimana tidak, sebuah klub mengikuti kompetisi dimana runner-up memiliki arti yang sama dengan penghuni dasar klasemen. Para pemainnya pun tidak tetap. Setiap awal musim, kapten kedua klub baru memilih nama-nama yang bermain bagi Gunners dan Wanderers.

Sayangnya, liga ini terancam punah karena minimnya pemain muda. Para remaja cenderung meninggalkan pulau untuk sekolah dan enggan kembali karena minimnya lowongan pekerjaan.

Bisa membayangkan jika anda tinggal di kepulauan ini?

Scilly Soccer League
# Lapangan Garrison, kebanggaan Liga Kepulauan Scilly...

Di bawah ini beberapa foto yang mungkin akan membuat anda merasa heran sekaligus takjub. Dengan fasilitas yang serba terbatas, mereka tetap antusias menjalankan kompetisi. Salut!


Dua klub di Kepulauan Scilly

Kepulauan Scilly
Beginilah keadaan geografis kepulauan Scilly, terdiri dari pulau-pulau kecil yang saling berdekatan. Dari 150 pulau, hanya 50an yang berpenghuni. Total populasinya tidak sampai 3000 jiwa.
Kepulauan Scilly

Bangku Cadangan Pemain
Ini bukan bangku biasa, melainkan bangku cadangan para pemain. Setiap klub biasanya hanya punya 2-4 pemain cadangan, jadi jangan khawatir semua dapat tempat duduk!
Bangku Cadangan Sederhana


Ruang Ganti Pemain
Jangan menganggap ini gudang atau kandang kuda. Ini adalah ruang ganti untuk para pemain. Pelatih dan para pemain mendiskusikan taktiknya di ruangan ini :-D
Ruang Ganti Pemain


Suasana Pertandingan
Mungkin karena bangku cadangan terlalu sempit, para pemain cadangan lebih memilih untuk berdiri. Penonton pun bisa mudah berbaur dengan mereka.
Suasana Pertandingan


Sumber  www.sepaxbola.info

0 comments:

Post a Comment

Komentar dan Tinggalkan jejak disini

SAHABAT ARSIP DUNIA

 

Suported By

Arsip Dunia. Powered by Blogger.
:: ARSIP DUNIA :: Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template